Jumat, 28 September 2012

Tugas Pkn


Tugas Pkn
membuat 4 pertanyaan seputar Budaya Demokrasi Masyarakat Madani
1.      Sebutkan prinsip budaya demookrasi !
§  Pemerintah yang bertanggung jawab, transparan, bersih, dan berdedikasi tinggi
§  Pers yang bebas dan terbuka untuk umum
§  Membatasi tindak kekerasan terhadap kaum minoritas
§  Mengakui keanekaragaman sikap secara wajar hingga batas toleransi persatuan bangsa
§  Menjamin tegaknya keadilan

2.      Sebutkan ciri-ciri masyarakat madani !
§  Teruntegritasnya individu-individu dan kelompok-kelompok eksklusif ke dalam masyarakat melalui kontrak sosial dan aliansi sosial.
§  Menyebarkan kekuasaan, sehingga kepentingan-kepentingan yang mendominasi dalam masyarakat dapat dikurangi oleh kekuatan-kekuatan alternatif.
§  Dilengkapinya program-program pembangunan yang didomisani oleh negara dengan program-program pembangunan yang berbasis masyarakat.
§  Terjembataninya kepentingan-kepentingan individu dan negara karena keanggotaan organisasi-organisasi volunter mampu mkemberikan masukan-masukan terhadap keputusan-keputusan pemerintah.
§  Tumbuh kembangnya kreaticitas yang pada mulanya terhambat oleh rezim-rezim totaliter.
§  Meluasnya kesetiaan (loyality) dan kepercayaan (trust), sehingga individu-individu mengakui keterlibatan dengan orang lain dan tidak mementingkan diri sendiri.
§   Adanya pembebasan masyarakat melelui kegiatan lembaga-lembaga sosial dengan berbagai ragam perspektif.

3.      Buatlah suatu deskripsi singkat yang membandingkan antara orde lama,orde baru dan masa reformasi !
Jawab :
            Pada masa orde lama,pemerintahan cenderung menggunakan Demokrasi Terpimpin. Hal ini ditunjukkan oleh ketidaksenangan Soekarno terhadap partai politik. Pada suatu kesempatan di Istana Merdeka, Ia mengemukakan bahwa Ia ingin membubarkan partai politik dan beranggapan bahwa Demokrasi Parlementer bententangan dengan pribadi Indonesia yang saling gotong-royong.
            Sedangkan pada masa orde baru, pemerintah cenderung menggunakan Demokrasi Pancasila,namun Demokrasi ini tidak berjalan dengan baik dan tidak sesuai dengan ideologi bangsa dan lebih bersifat mengekang rakyat dalam berpendapat, khususnya bagi Pers. Apabila menentang Soeharto,maka mereka akan dipenjarakan. Pada orde ini juga terjadi banyak kasus KKN. Akibat pemerintahan Soeharto yang diktator dan otoriter, bangsa ini harus menikmati masa pemerintahan Soeharto selama kurang lebih 32 tahun.
            Masa reformasi (1999-sekarang) adalah perubahan besar bagi bangsa Indonesia. Hal ini ditandai dengan berhasilnya pemilu pada 7 juni 1999 yang demokratis dan tertib yang diikuti oleh 48 partai. Bukti lain adalah terjadinya Amandemen UUD 1945 sebanyak 4 kali. Namun dalam memperjuangkan agar mendapat masa reformasi ini, kita harus merelakan terbunuhnya Mahasiswa Universitas Trisakti.

4.      Apakah pemilihan ketua Osis di suatu sekolah dapat menciptakan perubahan besar bagi seluruh elemen sekolah tersebut?
Jawab :
            Bisa iya dan bisa juga tidak. Jika kinerja Osis tidak baik atau bertentangan dengan ideologi sekolah, terutama bertentangan dengan keadaan siswa yang merupakan elemen terpenting adanya suatu sekolah, maka program yang dicanangkan bisa saja gagal. Program kinerja Osis yang baik adalah program yang dapat diterima eloh semua pihak sekolah itu tanpa merugikan pihak manapun serta dapat dipertanggung jawabkan oleh ketua dan perangkat Osis. Harus ada suatu kerjasama yang baik antar siswa, karena suatu peraturan dapat berjalan baik apabila yang paling pertama menerapkan aturan tersebut adalah pihak Osis, dan bukan pihak Osis yang paling pertama melanggar aturan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar